Biar Enggak Nyesal, Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Memilih Nama Domain Untuk Blog!

"Apalah arti sebuah nama?" mungkin sobat blogger pernah mendengar kata-kata tersebut. Meskipun masih banyak yang menganggap sepele, namun jika diberikan pertanyaan demikian, tentu dengan lantang saya akan menjawab, "Tentu saja, nama sangat penting". Tanpa nama kita bukanlah siapa-siapa. Kita pun dikenal karena nama yang dilekatkan pada diri kita.

Tak terbatas pada pemberian nama untuk anak yang baru lahir, ternyata memikirkan nama yang tepat untuk domain blog pribadi juga sangat penting. Mengapa demikian? Karena nama domain dari blog yang kita miliki sangat menentukan bagaimana kita akan dikenal dan membangun citra dalam dunia blogging. Pemilihan nama domain ini tak bisa dilakukan sembarangan, banyak hal yang perlu diperhatikan juga, lho!

Saya teringat saat memutuskan ngeblog, hal yang pertama kali terlintas dalam benak saya adalah nama apa yang cocok saya gunakan untuk blog nantinya. Setelah merenung sembari berpikir panjang, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan nama "dewitarendra" yang diambil dari gabungan nama saya dan kedua anak saya (Gita dan Rendra). Setelah blog jadi dan saya mulai mengisinya, entah kenapa terbersit sedikit keraguan atas nama yang saya pilih untuk blog ini. Akhirnya dengan berbagai pertimbangan saya ubah kembali menjadi "wifecorner", karena blog ini di dominasi oleh konten dengan tema ibu dan anak. Untungnya, saat itu blog masih gratisan dengan embel-embel blogspot sebelum .com.


Tak berselang lama, ketika saya sudah mulai aktif berkomunitas, saya memikirkan untuk merubah domain blog menjadi TLD dan pergantian nama blog juga masuk dalam daftar. Saya mah orangnya gitu, mudah bimbang dan sedikit plin plan. Apalagi saya memutuskan untuk membeli domain, mesti dipikirkan baik-baik nama apa yang cocok. Jangan sampai kejadian yang lalu terulang kemabli, Setelah nanya sana sini dan meminta masukan dari teman-teman penulis, akhirnya saya menggunakan nama pena "Dewi Mae" sebagai nama blog saya ini. 

Mengapa dewimae.com? Memutuskan penggunaan nama ini pun tida sebentar, saya harus meneguhkan hati agar tidak kembali goyah setelah domain dibeli. Berbayar, boo! Enggak bisa ganti-ganti lagi. Kalau ingin mengganti berarti saya harus ngeluarin uang lagi. Tekor bandar! Dengan banyak pertimbangan akhirnya saya memutuskan berlabuh di nama blog yang sekarang. 

3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Nama Domain Blog

Apa sajakah pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam memilih nama blog agar tidak galau setelahnya, berikut daftarnya (sesuai dengan pengalaman yang saya alami, ya):

1. Perhatikan Tujuanmu Membuat Blog

Jika tujuanmu membuat blog untuk personal branding atau mempromosikan diri sebagai penulis, maka penggunaan nama pena sangat di sarankan. Biasanya blog-blog seperti ini beraliran lifestyle, yang membahas segala sesuatu tanpa terkecuali, baik itu parenting, traveling, kuliner, dan lain-lain.

Berbeda jika kamu ingin mengkhususkan blog tersebut dengan tema tertentu atau niche blog, maka kamu harus menyesuaikan nama yang dipakai dengan tema yang kamu angkat. Jangan sampai blog memiliki nama yang berbau parenting tapi isinya malah kuliner. Jaka Sembung makan kedondong kalau gitu.

Begitupun ketika saya memutuskan untuk menggunakan nama blog ini. Salah seorang teman memberikan pertanyaan, apa tujuan saya membuat blog? Apakah blog saya memiliki niche khusus atau lifestyle blog? Saran yang saya dapatkan saat itu, jika tujuan membuat blog untuk memperkuat personal branding maka alangkah baiknya jika menggunakan nama pena, dengan demikian nama kita akan semakin dikenal sebagai penulis. 

Oleh karena saya menggunakan blog untuk memperkuat citra saya sebagai content writer, maka saya pun mantap menggunakan nama "Dewimae" sebagai nama domain dari blog saya dengan harapan saya akan semakin semangat untuk menulis dan mengisi blog.

2. Pilih Nama yang Mudah Diingat

Pertimbangan kedua adalah memilih nama yang mudah diingat. Nama yang familiar akan mudah melekat diingatan orang lain dan hal tersebut sangat menguntungkan. Bayangin aja jika nama domain blog kamu ribet, dengarnya aja bikin telinga spaneng apalagi disuruh mengingatnya. Hehehe

Oleh karena itu saya memilih menggunakan nama dewi mae sesuai dengan nama saya agar orang mudah mengingat nama domain blog saya. Selain itu nama tersebut juga pendek dan tidak neko-neko. Simple dan mudah diingat, That's the point. Jadi tidak boleh kah memilih nama domain yang agak panjang dikit? menurut saya, tidak masalah memilih nama domain yang agak panjang asalkan mudah diingat orang orang lain, tapi jangan sepanjang rel kereta api, ya! Hehehe

3. Unik

Selain mudah diingat, nama domain yang unik juga patut kamu coba. Biasanya nih, nama domain yang unik juga akan mudah diingat oleh pembaca. Namun, meskipun memilih nama yang unik, nama tersebut juga harus mudah untuk diucapkan, ya! Jangan sampai hanya karena menginginkan nama yang unik, akhirnya memilih nama domain yang njlimet. Blog dengan nama yang susah dilafalkan akan susah pula diingat.

Ketiga hal tersebut, terutama poin satu, menurut saya wajib banget jadi perhatian saat akan memilih nama domain untuk blog. Jangan sampai kejadian seperti saya yang harus bolak-balik merubah, gimana coba kalau saat itu domain sudah TLD sementara untuk nama saja masih belum sreg? Kan bisa jebol kantong!

Memilih nama domain memang terlihat seperti perkara yang mudah, namun nyatanya memilih nama domain untuk blog memang tidak bisa dilakukan dengan tergesa-gesa atau kamu akan mendapatkan hasil yang kurang memuaskan. Sebagaimana kamu ingin dikenal, begitupula kamu harus memikirkan baik-baik nama domain apa yang ingin kamu gunakan untuk blog pribadimu agar orang mudah mengingat begitu mendengar nama blog yang kamu sebutkan. 

Bagaimana menurut sobat blogger, setujukah jika saya mengatakan nama merupakan hal yang sangat penting, termasuk dengan pemberian nama domain untuk blog pribadi? Yuk, tuliskan pendapatmu di kolom komentar. 

Terima Kasih

Salam sukses

8 komentar

  1. Halo... 👋🏼👋🏼👋🏼
    Hmm, kalo aku hal yang pertama terlintas di kepala saat pertama kali bikin blog ya namaku sendiri, haha. Gak kepikiran sih, aku kurang kreatif apa yah :D hahah.. Karena aku pikir, bikin blognya ya tentang uneg-unegku sendiri dan hal2 lain yg berkaitan dengan kegiatan, kesenanganku, ya pokknya tentang aku semu campur aduk. Blog gado2 kalo kata orang bilang :D Gak ada tema khusus. But nice tips though.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ... emang paling mudah pakai nama sendiri. saya pun milih pakai nama sendiri.

      Delete
  2. kalau sha pake nama sendiri aja sih :)

    ReplyDelete
  3. Jauh sebelum berniat TLD, aku udh nyaman banget pilih pake namaku sendiri, karna tujuanku emang mau ngeblog bukan buat website hehehe

    ReplyDelete
  4. Betul sekali dan sangat tepat, nama domain blog memang harus di sesuaikan dg apa yang akan terisi dalam blognya nanti.lebih pendek lebih bagus karna mudah di ingat

    ReplyDelete