Serius, Ngeblog Itu Menyenangkan!


Ngeblog atau istilah kerennya blogging merupakan kegiatan yang baru-baru saja saya geluti. Sebenarnya blog ini sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu tapi baru aktif sebulan belakangan. Alasannya, saat itu saya tidak punya banyak waktu untuk mengisi blog ini. Maklum, sebagai penulis dadakan yang masih newbie saya masih tergila-gila dengan peran saya sebagai kontributor media online

Seiring berjalannya waktu dan beberapa kali mengalami kekecewaan akibat ulah media online tersebut yang selalu berusaha mangkir memberikan hak kontributor, saya pun gerah dan memilih untuk move on. Blog menjadi salah satu pilihan saya dan akhirnya saya pun ketagihan ngeblog.

Terus, mengapa memilih ngeblog lagi? Alasannya sih klasik banget, ternyata ngeblog itu menyenangkan. Berbeda dengan menulis untuk media online, ngeblog lebih fleksibel. Saya bisa menulis apapun yang saya mau, sesuai dengan gaya bahasa apapun yang saya inginkan. Jauh berbeda, ketika menulis untuk media online, yang sudah ditentukan pakem serta aturannya. 

Jadi, ngeblog bagi saya bagaikan hiburan disaat penat melanda. Dengan ngeblog saya juga bisa menuliskan curahan hati alias curcol. Rata-rata postingan blog saya berisi mengenai curahan hati ataupun pengalaman-pengalaman yang ingin saya bagi untuk orang lain. Tak perlulah mempertanyakan apa yang bisa kamu hasilkan dari ngeblog (dari segi materi), kalau saya sih lebih memilih mengutamakan kepuasan hati saat ngeblog

Dulu, dari menjadi kontributor media online tak sedikit pundi-pundi rupiah yang mengisi rekening. Tapi terkadang, disuruh menulis dengan tema dan membuat judul yang sedikit nyeleneh membuat hati ini berontak. Serius, media online yang membayar kontibutornya dengan pay per click, biasanya menyarankan kontributor untuk membuat judul semenarik mungkin (yang kadang bahkan terkesan konyol, klik bait banget).

Sumber gambar: organicvolunteers.com

Back to blogging ...

Banyak keseruan dan keuntungan yang bisa kita dapatkan dari ngeblog, seperti yang pernah saya tuliskan di postingan sebelumnya, klik di sini. Selain poin yang disebutkan di dalam artikel tersebut, ngeblog masih punya banyak manfaat, khususnya bagi diri kita sendiri. Berikut beberapa keuntungan ngeblog bagi diri kita sendiri:

Sebagai Ajang Curhat

Ngeblog bisa benget jadi tampat curhat. Saat hidup sedang dirundung masalah, kamu bisa menuangkannya dalam bentuk tulisan dan terbitkan di blog pribadi. Siapa tahu dari pengalaman pahit tersebut, pembaca blogmu bisa mengambil hikmahnya. Begitupun ketika sedang berbahagia, tak ada salahnya pula berbagi pengalaman yang menyenangkan tersebut melalui tulisan. 

Saya sendiri memilih untuk curhat melalui tulisan, tentu dikemas dengan lebih menarik dan sedikit disamarkan. Curhat terselubung, maksudnya, Hehehe Menuliskan pikiran-pikiran yang mengganggu sangat membantu agar saya bisa selalu berpikir positif. Terkadang ada beberapa masalah yang tidak bisa saya ceritakan bahkan kepada sahabat atau orangtua saya sekalipun, jalan satu-satunya adalah menjadikannya tulisan, baik berupa artikel ataupun tulisan fiksi. Trust me, it's fun!

Sebagai Hiburan

Bagi saya, ngeblog itu hiburan banget. Setelah lelah dengan urusan rumah tangga yang menyita hampir seluruh waktu yang ada dan tak punya waktu untuk ngobrol ngalor ngidul dengan tetangga, ngebloglah salah satu alternatif saya untuk memuntahkan kata-kata yang ada dalam pikiran. Fyi, konon katanya wanita perlu mengeluarkan kata-kata 20 ribu perhari, lho! Biasanya sih setelah menulis, hati terasa lebih ringan, plong, dan bahagia. 

Selain itu, ngeblog membuat kita banyak teman, lho! Aktivitas blogwalking atau BW dengan saling mengunjungi blog sesama blogger membuat hubungan sosial kita semakin luas. Plus tambahan banyak informasi baru yang didapat. Pas banget buat refreshing ala housewife full time macam saya. 

Satu lagi, nih! ngutak-atik template blog juga bisa jadi kegiatan yang asyik, lho. Apalagi setelahnya blog kita makin cakep. Makin semangat juga nulisnya.

Sebagai Kenang-kenangan

Tulisan di blog bisa jadi arsip pribadi dan pengingat bahwa kita pun bisa eksis meskipun terbatas ruang dan waktu. Tulisan-tulisan tersebut juga bisa menjadi buah karya yang dapat dinikmati anak cucu kita kelak. Pasti bangga, bukan? Jika karya kita bermanfaat hingga ke anak cucu kita. 

Bagaimana Caranya Agar Ngeblog Semakin Menyenangkan?

Salah satu hal yang saya lakukan agar ngeblog semakin menyenangkan adalah dengan bergabung ke komunitas-komunitas blogger. Salah satu komunitas blogger yang saya ikuti saat ini adalah Blogger Perempuan (BP). Melalui komunitas tersebut biasanya kita akan mendapatkan banyak sekali informasi mengenai dunia per-bloggingan dan bertemu dengan teman-teman lain sesama blogger

BP sendiri mengadakan program harian, yang mana kita bisa share link postingan sesuai tema yang ditentukan setiap harinya. Tentu saja, tema yang ada berbeda-beda. Selain share link yang memungkinkan sesama member untuk blogwalking, BP juga mensupport member/blogger baru melalui WA grup yang mana kita sebagai blogger baru boleh mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar blogging. Bahkan BP juga ngadain ODOP (One Day One Post) berhadiah agar blogger-blogger baru makin semangat ngeblog dan bisa berkembang. Tak jarang ada info mengenai lomba blog yang di-share oleh admin. Dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan positif yang bisa kita temukan dalam komunitas blogger.

Menyenangkan banget, deh! Hidup lebih bermakna serta berwarna dengan ngeblog. Banyak teman, nambah pengalaman, nambah koneksi, dan meningkatkan kemampuan menulis juga. Komplit pakai banget, pokoknya! Makanya, sehari saja enggak nengok blog, entah itu untuk posting tulisan, balas komentar yang masuk, ataupun blogwalking rasanya ada yang kurang. 

Yuk, jadikan harimu semakin menyenangkan dengan ngeblog! Happy blogging


(Postingan ini diikutsertakan dalam One Day One Post Blogger Perempuan)

4 komentar

  1. Sejak tahun 2009 saya blogging dan gak pernah nyesel sedikit pun. Memang menyenangkan 😊

    ReplyDelete
  2. Jadi inget kata pepatah, 'bahagia itu sederhana', sesederhana nengok blog yang kita bangun sendiri ya mbak..

    ReplyDelete